Thursday, February 19, 2009

Menyenangkan Orang Lain

Orang yang mementingkan dirinya sendiri/egois, memusatkan segalanya pada dirinya sendiri, bila kena sakit atau susah sedikit saja sudah mengeluh dan meratapi nasibnya dan mengatakan bahwa duni tidak mau berkorban demi kebahagiaannya.

Seorang psikiater terkenal. Alfred Adler memberikan nasehat kepada para pasiennya yang senantiasa murung dan sedih sebagai berikut :
"Anda dapat sembuh dalam waktu 14 hari apabila Anda menuruti resep berikut ini. Coba usahakan supaya setiap hari Anda dapat memikirkan bagaimana caranya menyenangkan dan membuat gembira orang lain."


Pernyataan tersebut kedengarannya sangat sulit untuk dipercaya.
Dr. Adler menganjurkan agar setiap hari kita melakukan perbuatan baik.
Perbuatan baik ialah sesuatu yang mendatangkan senyum di wajah orang lain. Apakah sebabnya berbuat baik setiap hari memberikan pengaruh luar biasa bagi yang melakukannya.
Sebab, kalau kita berusaha menyenangkan orang lain, dengan sendirinya kita berhenti memikirkan diri sendiri. Dan memikirkan diri sendiri inilah yang menyebabkan sedih, takut dan murung.

Carl Jung seorang psikiater besar mengatakan "Kurang lebih 1/3 dari pasien saya tidak menderita penyakit syarat yang bersifat klinis, tetapi penyakit syaraf disebabkan oleh hidup hampa dan tiada guna. "Dengan kata lain, mereka maunya hidup enak-enak, tapi tidak tahunya banyak waktu mereka yang berharga terbuang percuma. Kalau hidup mereka sudah rusak, tiada arti dan tiada guna, mereka lalu lari kepada psikiater.

Anda dapat melakukan kebaikan mulai besok pagi pada orang-orang yang Anda jumpai.
Apa gunanya Anda berbuat demikian? Untuk mendapatkan kebahagiaan yang lebih besar! untuk mendapatkan kepuasan yang lebih serta kebanggaan dalam diri Anda sendiri. Sikap semacam ini oleh Aristoteles disebut "Egois yang cemerlang", Zoroaster berkata.
"Berbuat baik kepada orang lain bukan suatu kewajiban, tetapi suatu kegembiraan, sebab perbuatan semacam itu menambah kesehatan serta memperbesar kebahagiaan Anda."

Sedang Benjamin Franklin mengungkapkan secara sederhana. "Bila Anda berbuat baik kepada orang lain, Anda berbuat paling tepat untuk kesehatan jiwa Anda." Bila Anda memikirkan dan menolong orang lain, Anda tidak punya kesempatan lagi untuk bersedih hati. Selain itu Anda juga punya banyak teman dan penuh dengan kegembiraan.

Dikutip dari : "Petunjuk Hidup Tentram & Bahagia Oleh Dale Carnegie"



No comments:

Post a Comment